ManiakMotor- Motor yang telah mengalami kenaikan power wajib koreksi kekerasan per klep. Apalagi noken-as yang kena papas atau beli aftermaket yang memiliki durasi dan lift klep tinggi, itu perlu pegas klep yang kuat. Tujuannya agar klep nggak floating alias telat pulang rumah. Maksudnya pegasnya terlambat membalikkan klep. Bedalah bila tak pulang-pulang, kolo itu Bang Toyib.
Bila sering telat atau floating melayani rpm dan kem spek tinggi, klep dan piston yang tabrakan. Makanya gunakan per yang lebih cepat, berarti kuat. Persoalannya, beli per klep aftermarket yang beredar bikin kepala puyeng memilihnya. Tiap merek katanya oke, sebab tidak ada penjual yang bilang payah.
Semua per itu berbeda tekanannya, maka diperlukan alat pendeteksi kekuatan dan daya tahan per yang modern nan canggih.
Syukur-syukur alatnya bisa mendeteksi harga per juga, apakah pernya
benar-benar berkualitas atau hanya 'ngeper' yang punya istilah yang
lain, hehe.
Seperti yang dibilang
tadi, gampang. Dan memang mudah. "Adu saja kedua per pada ragum.
Dijepit saling susun, lalu diukur masing-masing per," jelas Masrukin
dari Kin's Motor yang ada di Jember, Jatim, namun dia bukan turunan Ken
Arok. Jangan lupa untuk memberi skat antara per saat dijepit, agar
mudah diukur, nah yang lebih panjang berarti berotot 'kawat'.
Belum
cukup sampai di sini, tulisannya juga belum habis, dilanjut dengan
menguji ketahanannya. Sebelumnya ukur dulu panjang bebas dan panjang per
saat terpasang. Juga lift klep nya. Kalau perlu corat-coret di kertas
biar nggak lupa. Misal per klep Spin panjangnya 32 mm, setelah dipasang
susut jadi 25 mm. Lift klep 7,5 mm maka sisa panjang per 17,5 mm.
Angka
inilah yang dijadikan patokan. Monggo di'pencet' lagi per tadi diragum,
biarkan selama 2 jam lalu ukur lagi dan bandingkan dengan panjang awal
yang 32 mm, "Bila berkurang sikit
berarti tahan banting," tutup mekanik yangberambut 'per' alias kribo
sambil mewanti, cara ini hanya salah satu parameter dan bukan penentu.
Sebab penentu lainnya daya tahan per terhadap panas.
sumber:http://www.maniakmotor.com/index.php/tips-s/4881-tips-motor-uji-daya-tekan-dan-ketahanan-per-klep-nih-caranya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar