Kali ini diterapkan pada Suzuki Spin 125, wah makin mudah lantaran satu merek. Malah hemat dibanding beli piston kithigh-dome yang harganya bisa diatas 350 ribu. Belum lagi ongkos sewa mekanik. Dengan cara ini cukup separuhnya saja, makin hemat kolo dikerjakan sendiri
Kelebihan piston Smash lebih mancung 1mm (gbr-1), tidak pesek. Otomatis pemampatan ruang bakar jadi mengecil. "Diameter seher dan pin sama persis, jadi bisa langsung pasang. Paling hanya bikin alur klep di kepala piston ke tukang bubut,” kata bro Khusnul dari bengkel 58 Speed Genteng Jatim yang jadi guide reporter maniakmotorkali ini.
Untuk itu, tebus dulu piston berikut ring Smash yang ukurannya "0" alias standar. Sekalian mampir ke tukang bubut untuk dibuatkan alur klep barutujuannya agar jidat piston tidak mentok di klep (gbr-2)
karena ada perbedaan jarak coakan klep. O iya, tips cara bikin alur
klep pernah ditulis maniakmotor.com Yang ketinggalan alias belum baca
cari lagi deh di kanal tips. Lumayan kalo bisa dipraktekin ongkosnya
bisa lebih hemat lagi.
Biar hasilnya makin
jos sekalian dihalusin porting in dan out cukup modal ampelas. Silahkan
digosok-gosok sampai halus. Tipsnya juga pernah ditulis portal yang
aduhai ini, cari lagi deh. Terakhir mas Kusnul juga mengingatkan untuk jetting
ulang karburatornya. Biasanya main dan pilotnya naik 1 step dari
standart. Untuk lebih pasnya silahkan cek warna kepala busi. Bila
elektroda busi merah bata tandanya sudah klop.
Nah ini rincian
biayanya. Piston Smash berikut ring 90 ribu, ongkos tukang bubut (bikin
alur klep) 20 ribu dan ongkos sewa mekanik 100 ribu. Totalnya 210 ribu.
Murah kan cuy?
sumber: http://www.maniakmotor.com/index.php/tips-s/4865-tips-motor-piston-smash-serba-bisa-dongkrak-kompresi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar