merubah menjadi drag
bike, drag race, alias mio
kenceng simak Cara
Modifikasi Mesin Mio
berikut ini.
Cara Modifikasi Mesin
Mio agar performa
meningkat
Cara Modifikasi Mesin
Mio Langkah
1:
===>Ganti knalpot
racing (danpilot jet kalo
perlu),roller,per cvt,…
(dengan ubahan ini tidak
akan menambah top
speed, tapi akselerasi
bertambah).
Anda Bisasearch harga
knalpot & CDI di web
ini.
Masing-masing knalpot
punya spek sendiri..enak
di rpm bawah, medium,
atau high, atau
gabungan.
Estimasi :
Roller: satu buah paling
9rb atu 10 rb.. pakai
kombinasi 9gr-11gr, atau
10gr-10,8gr(std). (yg
paling
umum utk mtr
std), atau terserah
Anda,tergantung di rpm
berapa anda ingin
bermain.
Per CVT: ada merk
lhk,cld,kitaco,barra,dsb…
kisaran
80-110rb.. per
cvt yang merah untuk
2000rpm,yang putih
1500rpm.
Cara Modifikasi Mesin
Mio Langkah
2:
===>Papas head
0,5-0,8 mm,noken as
racing,per klep racing,
koil racing, CDI racing
unlimiter…(nah di tahap
ini mulai serius karena
ada beberapa part std
yang kena bubut, dan
mesin mulai dibongkar-
bongkar..)
Papas Head: 0.5-0,8
mm..kisaran paling 25
rb..tergantung bengkel
bubutnya, dan ongkos
bongkar head cylinder +
skir klep..kisaran
50rb,75rb tergantung
bengkel
Noken As Racing:
beragam merk
CLD,LHK,KAWAHARA,
kisaran
harga sekitar
300rb-450rb..
Masing-masing noken as
punya spek sendiri ada
yang korek harian atau
kompetisi, dibedakan
atas
derajatnya..misal-280drajat,sampe
330 drajat
Jika mengganti noken as
dgn yg racing, maka per
klep jg hrs diganti yg
lebih keras(racing) untuk
menghindari klep
floating pada putaran
atas. merk beragam
sama spt diatas..
Tenaga pada mesin 4 tak
(4 stroke) yg besar,
berasal dari modifikasi
head (utk kompresi), dan
durasi noken as !! koil
racing: ada beberapa
merk: XP andrion,blue
thunder,nology,
CLD,kitaco,,,dsb
harga
kisaran 150rb-250rb.
Koil akan bekerja
maksimal jika juga
dilakukan perubahan
pada CDI. CDI racing :
Ada beberapa merk:
XP,black
hawk,kitti,shindengen,BRT,kitaco,rextor,dsb…
kisaran 250-1jt.
Beberapa CDI racing da
yang yang bisa
deprogram
(programmable),
dan
ada yang dual band.
Masing-masing CDI tsb
mempunyai spek derajat
pengapian yang
berbeda.. (tanya penjual)
NOTE: produk yang baik
pasti akan menyertakan
spek nya pada kemasan.
Cara Modifikasi Mesin
Mio Langkah
3:
===>Membesarkan
CC alias Bore UP!!!! ini
adalah step yang paling
sangat serius walaupun
masih dapat digunakan
untuk harian.banyak part
yang harus diganti untuk
mengimbangi besarnya
tenaga..dan agar tenaga
yang besar tsb dapat
maksimal..
Banyak merk di pasaran
untuk blok bore up:
merk eon (diameter
58,5mm) kisaran
600-750 rb (yg ceramic)
merk RRGS (diameter
58,5) kisaran 700-850 rb.
jika piston diganti dengan
ukuran 58,5 mm maka
mio/nouvo akan
bengkak menjadi 155cc
(dengan stroke std)..
untuk merk RRGS juga
terdapat hingga
diameter 73mm (kalo ga
salah)..tapi yang pasti
diatas 58,5 mm maka
crankcase harus
dibubut… untuk paket
yang lebih murah, jg
terdapat piston merk HI-
speed dengan uk.69mm
ke atas (tanpa blok)..bisa
didapat di harapan
motor (cineng) kebon
jeruk III, atau MC racing..
atau untuk pembesaran
hingga 125 cc dapat
digunakan piston
Daytona khusus untuk
mio/nouvo.. bisa didapat
di Daytona ciledug
(sebelah raja motor).
Setelah pembesaran
diameter piston maka
selanjutnya adalah
pembesaran diameter
klep,bisa memakai klep
sonic atau shogun atau
dapat dibeli paket yang
langsung plek beserta
head cylinder.. bisa
didapat di matic shop
ciledug, JP racing, Raja
motor ciledug,matic
corner
cinere,dsb….harga
kisaran 1,2-1,8 jt..
Jika anda memodifikasi
sendiri head cylinder,
harap diperhatikan
Squish yang diaplikasi…
untuk mengimbangi
tenaga yang besar, maka
belt harus kuat (kevlar)
walau untuk harian belt
std jg msh dapat
diandalkan. juga rumah
roller (variator) harus
diganti dgn yg lebih
besar (kitaco,RRGS,TDR,
…dsb)…
Setelah itu adalah
penyaluran tenaga yaitu
gigi rasio… penggantian
rasio tergantung dengan
trek (harian, drag, atau
road race)…tapi untuk
herian yang kadabg-
kadang dipakai
berboncengan gigi rasio
std nouvo udh lmyn
panjang…
Kemudian hal yang vital
yang harus diganti adalah
karburator.. biasanya
memakai keihin PE
28,krn harganya lmyn
terjangkau…kisaran
450-550rb…dan
Selanjutnya adalah
setting spuyer (main jet-
pilot jet)… modifikasi
diatas biasa dilakukan
pada motor mio/
nouvo… semuanya
tergantung mekanik atau
bengkel yang menjadi
bidan motor anda…
Untuk step 2 dam step 3
yang pasti top speed
bertambah tergantung
ubahan yang dilakukan
dan keberanian dalam
Cara Modifikasi Mesin
Mio Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar