ManiakMotor - Buat pemilik motor yang dikendalikan rantai rodanya, gak ada salahnya iseng-iseng pakai tips ini. Siapa tau perlu, karena emang ini sangat perlu agar berkendara tetap aman dan nyaman.
Sering bongkar-bongkar motor pasti paham yang namanya nat gear.
Itu loh yang menghubungkan antara sproket dan pelek. "Di dalam
teromolnya ada bongkahan karet pengganjal. Fngsinya sebagai peredam
entakan,” ucap Iphay dari bengkel Fortune Tech 99 yang bermarkas di
Kebagusan 4, Jakarta Selatan.
Jika
karet sudah terkikis dimakan usia pasti nat gear bakalan oblak atau
goyang. Risikonya penahan yang ada pada tromol bisa pecah. Nah, jangan
sampai begitu dan terpaksa ganti teromol. Tapi paling utama dari gejala
ausnya karet ini, setiap digas dan pindah gigi mulai tak nyaman. Karena
entakan akan terasa di seluruh badan sampeyan.
Nah ini ada cara
praktis mengatasi hal tersebut. Tinggal diganjal pakai sobekan ban
dalam. Langkah pertama, ya harus bongkar dulu tuh roda. Lalu cek bagian
nat remnya, jika memang permasalahannya di situ, berarti bagian yang
diganjal agar celah nat berkurang.
"Di nat gear ada empat kaki sebagai penghubung, bagian itu yang diganjal agar tidak goyang,” celetuk Iphay. Lanjut ke langkah selanjutnya, guntinlah ban dalam sesuai ukuran, jangan terlalu kecil, jangan juga kebesaran. Yang jelas, harus pas saat diselipkan pada karet pengganjalnya (lihat gambar).
Tips ini hanya
sementara alias darurat, mau tetap nyaman harus diganti yang baru, eits
tips ini bisa di aplikasikan di semua motor. Umumnya sih motor yang
sudah tahunan. Ada juga yang belum tahunan, tapi sudah terasa seperti
cerita di atas, nah itu tanda motor pekerja berat. Pasti jam terbangt
spedometernya juga tinggi."Di nat gear ada empat kaki sebagai penghubung, bagian itu yang diganjal agar tidak goyang,” celetuk Iphay. Lanjut ke langkah selanjutnya, guntinlah ban dalam sesuai ukuran, jangan terlalu kecil, jangan juga kebesaran. Yang jelas, harus pas saat diselipkan pada karet pengganjalnya (lihat gambar).
sumber:http://www.maniakmotor.com/index.php/tips-s/4829-tips-motor-modal-ban-dalam-tetap-nyaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar